Salam Satu Data rekan
operator emis diseluruh nusantara. EMIS Tahun pelajaran 2017/2018 memang belum
rilis namun sudah tersiar kabar mengenai model
dan tata cara updating data emis 2017/2018. Tahun ini emis akan
kembali merilis fitur-fitur baru yang merupakan upgrade dari fitur-fitur yang
sudah lama serta dengan mekanisme yang juga akan berbeda dengan tahun lalu.
Berdasarkan hasil sosialisi tim emis pusat bahwasanya Updating EMIS Tahun 2017/2018mendatang akan benar-benar berbeda dari tahun lalu diantaranya adalah tidak adanya lagi form emis excel. Kemudian juga operator akan melakukan inputin data secara langsung ke dalam sistem informasi emis online tanpa aplikasi desktop.
Berdasarkan hasil sosialisi tim emis pusat bahwasanya Updating EMIS Tahun 2017/2018mendatang akan benar-benar berbeda dari tahun lalu diantaranya adalah tidak adanya lagi form emis excel. Kemudian juga operator akan melakukan inputin data secara langsung ke dalam sistem informasi emis online tanpa aplikasi desktop.
Ini
jelas merupakan kabar gembira bagi perkembangan kemajuan sistem updating data
EMIS. tim pengembang emis pusat memang terus melakukan upaya demi terciptanya
sistem informasi yang real time, mudah digunakan dan tentunya keakuratan data
tetap terjaga. Sistem yang mudah digunakan, sederhana, serta memiliki Alur yang
sederhana. Namun meski demikian yang terpenting adalah keakuratan dan keamanan
data harus tetap terjaga.
Dan berikut hasil penjelasan Model Pendataan EMIS Tahun 2017/2018 berdasarkan hasil sosialisasi Tim emis pusat.
Dan berikut hasil penjelasan Model Pendataan EMIS Tahun 2017/2018 berdasarkan hasil sosialisasi Tim emis pusat.
1.
Emis ganjil 2017/2018 tidak pakai
format excel lagi namun pola seperti aplikasi raport, database referensi hasil
data genap 1617 diambil secara online lalu direstore ke aplikasi dekstop,
lembaga cukup mengganti status siswa naik kelas atau tidak, lulus atau tidak
serta mutasi. Selanjutnya menginput siswa baru saja. selain itu juga melengkapi
data lalu, yg sekiranya tidak di isi secara lengkap.
2.
Bagi MI yg mendapat siswa baru dari
TK, agar dicroscek lagi terkait NISN, karena info bahwa di TK sudah diterbitkan
NISN agar tidak lagi diusulkan pada jenjang MI.
3.
Mohon dicek lagi terkait NISN dan
NISM siswa. jika ada kesalahan agar segera diperbaiki di semester ini, karena
pola pendataan kedepan sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena sistem database
referensi online berbasis pendataan sebelumya
4.
Mohon untuk mengecek dgn teliti
tingkatan kelas siswa karena kedepannya tidak input lagi, tugas kita hanya
menetapkan status naik kelas atau tidak, karena sering terjadi salah penempatan
kelas dan jenis kelamin
5.
Kedepannya emis akan online real time
sehingga saat ada perubahan, lembaga langsung merubahnya dan otomatis
perbaharui di server kanwil dan pusat. Aplikasi emis juga akan terintegrasi
dengan aplikasi raport sehingga lembaga akan langsung menginput absen dan semua
nilai siswa dan pas akhir semester madrasah juga langsung mencetak raport siswa
untuk dibagikan ke siswa
6.
Nantinya di aplikasi emis akan ada
output berita acara yg digunakan untuk pencairan dana BOS tiap semester, jadi
jumlah siswa di EMIS menjadi patokan pencairan dana BOS dan lembaga yg tidak
selesaikan emis maka tidak bisa mencairkan dana bos
7.
Aplikasi emis juga akan dikembangkan
seperti Dapodik yg seluruh pendataan terintegrasi dalam satu aplikasi yg
tentunya butuh waktu.
Demikian info terbaru mengenai Model Pendataan EMIS Tahun 2017/2018 semoga
bermanfaat menambah pengetahuan kita.
Post a Comment
Berikan komentar di sini.